Senin, 07 Januari 2013

Berbagi Kasih dibulan “Teristimewa”


Berbagi Kasih dibulan “Teristimewa”
Nampaknya, bulan Desember 2012 memang benar-benar bulan “ Teristimewa” bukan hanya bagi seluruh umat Nasrani di seluruh penjuru dunia namun terlebih pada satu komunitas keluarga besar SD Kanisius Kurmosari dalam merayakan hari Natal. Banyak kejutan yang dilahirkan menjelang dan selama bulan teristimewa ini, bulan desember.
Pembukaan masa Adven tanggal 26 November 2012 merupakan kejutan awal yang diikuti civitas akademika SD Kanisius Kurmosari dengan menyisihkan sebagian uang saku dalam kolekte Adven secara tidak langsung mengajarkan pada kita khususnya anak-anak untuk berbagi dan peduli terhadap sesama yang membutuhkan. Selain kolekte Adven, anak-anak juga diajarkan untuk lebih berempati dengan kegiatan karitatif yaitu berupa pengumpulan peralatan mandi (bagi kelas 1 dan 2), minyak goreng  (kelas 3), gula pasir (kelas 4), indomie rebus ( kelas 5), dan indomie goreng ( kelas 6 ). Pembagian per kelas ini dimaksudkan agar karitatif yang dikumpulkan lebih beragam dan tidak menumpuk pada 1 jenis barang saja. Pengumpulan karitatif ini diberikan kepada tukang becak, penyapu jalan, pemulung, penjual makanan kecil, dan saudara-saudara kita yang membutuhkan disekitar sekolah serta panti asuhan.
Kejutan selanjutnya tercermin dalam keceriaan anak-anak mengikuti Persami yang diadakan pada tanggal 8-9 Desember 2012. Dalam Persami ini anak-anak pramuka penggalang yang duduk dibangku kelas 4 sampai kelas 6 banyak belajar tentang nilai moral, kerjasama, kreatifitas, cinta lingkungan, nasionalisme dan terlebih pada nilai saling berbagi dengan mengumpulkan alat tulis.



 

Pada hari yang sama pula, tanggal 8 Desember 2012 keceriaan terpancar pada anak-anak yang mengikuti lomba mewarnai yang diadakan ekstrakurikuler mewarnai dan menggambar. Selain untuk evaluasi bagi para peserta Ekstrakurikuler ini juga mengajak peserta lain untuk mengembangkan kreatifitas dibidang mewarnai dan melukis.


Kunjungan ke Panti Asuhan Yayasan Santa Maria “St Thomas” Jimbaran sepertinya juga tidak kalah memberikan kejutan dibulan teristimewa ini. Pengumpulan karitatif dari siswa dan juga alat tulis dari adik-adik penggalang pada acara Persami diserahkan langsung oleh Kepala Sekolah bapak YB.Hartadi, S.Pd kepada suster Avila selaku kepala Yayasan Santa Maria ini.        
                                               

Kegiatan penutup dari rangkaian kejutan di bulan teristimewa ini adalah Misa Natal TK dan SD Kanisius Kurmosari yang diadakan di gereja “Theresia Bongsari” .  Siswa TK Kanisius Kurmosari mendapatkan tugas visualisasi natal yang mengisahkan tentang kelahiran Yesus sedangkan siswa SD Kanisius Kurmosari mendapat tugas koor Natal. Allah mengasihi kita          ( 1 Yoh 4:9) maka hendaklah kita juga mengasihi sesama kita. Akhir dari semua untaian kata diatas kami keluarga besar TK dan SD Kanisius Kurmosari Semarang mengucapkan “Selamat Natal 2012 dan Tahun Baru 2013” semoga membawa berkat dan damai bagi kita semua.
                                                            Semarang, 26 Desember 2012
                                                            Penulis
                                                            L.Intan Prasetya DP, S.Pd
                                                            SD K Kurmosari Semarang

                                                                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar