Selasa, 11 September 2012

17 Agustusan




KEGEMBIRAAN PERAYAAN HUT RI KE-67
Di SDK Kurmosari Semarang

Bulan Agustus, bulan dimana jalan-jalan mulai dihias dengan lampu dan umbul-umbul sebagai tanda rasa syukur rakyat Indonesia atas kemerdekaan yang sudah diberikan oleh para pahlawan kepada tanah tumpah darahnya dan kepada kita semua. Kita sebagai bangsa Indonesia wajib mengisi kemerdekaan itu dengan pembangunan. Dan dasar dari bangsa yang kokoh dan kuat adalah anak-anak yang cinta akan tanah air dan menjunjung persatuan tanpa membeda-bedakan, maka kita wajib menanamkan rasa cinta kepada tanah air dan rasa persaudaraan kepada anak-anak.
Karena itu dalam memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-67, SD Kanisius Kurmosari Semarang mengadakan Upacara Bendera untuk memupuk rasa cinta tanah air, dan lomba antar kelas untuk menumbuhkan rasa persaudaraan, sifat sportifitas dan kerjasama antar siswa.
Suara gelak tawa dan sorak untuk memberikan semangat kepada teman sekelas pun terdengar sepanjang perlombaan yang diadakan di lapangan sekolah, seiring para siswa berlomba balap karung, memukul air, memasukkan air ke dalam botol dengan sendok, estafet holahop dan estafet air. Acara lomba memperingati Hari Ulang Tahun RI itu berlangsung selama 3 hari. Kebahagiaan dan keceriaan terasa setiap harinya dengan suara tawa dan teriakan penyemangat dari teman-teman sekelas siswa yang sedang berlomba. Terkadang bapak dan ibu guru pun harus ikut dalam lomba untuk menggenapi jumlah anggota peserta yang kurang satu orang, sehingga lomba pun menjadi lebih seru.
Lomba tidak hanya dilakukan di lapangan, tapi juga di dalam kelas dalam bentuk melukis, mewarnai dan quiz mata pelajaran kelas 6. Berbeda dengan suasana di lapangan, di dalam kelas suasana lomba lebih tenang dan penuh konsentrasi.
Upacara 17 Agustus 2012 memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan RI atau HUT RI ke-67 yang diadakan di SD Kanisius Kurmosari Semarang dilaksanakan dalam suasana hikmat. Pasukan Pengibar Bendera dengan seragam putih-putih dan formasi pengibar benderanya menambah karisma upacara bendera.
Dalam upacara bendera tanggal 17 Agustus 2012 untuk memperingati HUT RI ke-67 tersebut Kepala Sekolah SD Kanisius Kurmosari Semarang menyampaikan pesan tentang tujuan diadakannya rangkaian perlombaan tersebut, yaitu :
  1. Meningkatkan prestasi siswa lewat berbagai lomba akademik dan non akademik di dalam maupun di luar sekolah. Sehingga nama baik Kanisius bisa lebih dikenal oleh masyarakat.
  2. Memupuk kerjasama antara siswa, agar bahu-membahu dalam melaksanakan tugas hal-hal yang positif.
Bapak dan Ibu guru juga tidak mau ketinggalan dan menjadi paduan suara khusus untuk acara 17 Agustus tahun ini. Sementara Dokter Kecil terus bersiaga di belakang barisan pasukan yang mengikuti jalannya upacara. Kemudian upacara bendera pun diakhiri dengan pemberian hadiah kepada para murid yang menjadi juara pada lomba yang diadakan pada hari sebelumnya.
Semoga saja dengan diadakannya lomba dan upacara ini, siswa dapat lebih bertambah rasa persaudaraan dengan sesama siswa tanpa membeda-bedakan dan menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar